PT Perorangan atau Perseroan Perorangan adalah badan hukum perseroan yang didirikan oleh 1 orang dengan merangkap pemilik dan Direktur, dengan modal dibawah Rp 5 miliar yang termasuk kriteria usaha mikro dan kecil. Dasar hukum Perseroan Perorangan adalah UU No 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja atau yang biasa disebut dengan Omnibus Law.
Kolegal: Konsultan Legal - merupakan Legal Tech Startup yang memberikan layanan hukum dan akses legal yang efektif, efisien dan terjangkau untuk proses jasa pendirian PT Perorangan dengan harga mulai dari Rp2juta. Tersedia paket virtual office Jakarta tambah Rp 2juta-an.
Kenapa Legalitas.orgBiaya jasa pendirian PT Perorangan. Pendiri PT Perorangan hanya Warga Negara Indonesia yang sudah memiliki KTP dan NPWP.
Pengecekan Nama
Pemesanan Nama
Persiapan Minuta
Pernyataan Pendaftaran
SK Menteri
20 KBLI 💯
Pendirian PT Perorangan
NPWP
SKT Pajak ⚠️
NIB, Sertifikat Standar (Non Tinggi)
K3L, SPPL, UMK Tata Ruang
20 KBLI 💯
Buka 5 (lima) rekening Bank 💯
Kartu nama 1 (satu) Direktur 💯
Stempel perusahaan 💯
EFIN Badan 💯
Kantor prestisius. Bisa meeting di 6 lokasi di Jakarta.
PT Perorangan + Izin
Virtual office 1 tahun 💯
Bebas pilih di 5 lokasi premium
Bisa PKP
Layanan resepsionis
Korespondensi surat bisnis
60 jam meeting room
Bebas meeting di 6 lokasi
Meeting pax up to 12 orang
20 KBLI 💯
Buka 5 (lima) rekening Bank 💯
Kartu nama 1 (satu) Direktur 💯
Stempel perusahaan 💯
EFIN Badan 💯
Daftar lengkap fitur yang tersedia dari Pricing kami
PT Perorangan | PT Perorangan + Izin | Paket + Izin + VO | |
---|---|---|---|
Harga | Rp 2jt | Rp 3.5jt | Rp 4.5jt |
Cek Nama | |||
Persiapan Minuta | |||
Pernyataan Pendirian | |||
SK Menteri | |||
NPWP | Kartu & Digital | Kartu & Digital | |
SKT Pajak | Surat | Surat | |
NIB | 20 KBLI | 20 KBLI | |
K3L, SPPL, UMK Tata Ruang | |||
Sertifikat Standar (Non Tinggi) | |||
Bonus | Dapat Bonus | Dapat Bonus | |
Virtual Office 1 tahun | |||
Bebas meeting di 6 lokasi | |||
60 jam meeting room | |||
Meeting pax up to 12 orang | |||
Pesan | Pesan | Pesan |
PKP adalah Pengusaha Kena Pajak. Digunakan untuk kamu bisa menerbitkan faktur PPN atau ingin ikut tender pemerintah. Baca artikel Perbedaan PKP dan Non-PKP.
Proses pengurusan legalitas badan usaha bisa sekalian dengan PKP. Pesan layanan legalitas Kolegal dengan klik minta proposal.
✅ 20 KBLI ✅ buka 5 (lima) rekening Bank ✅ kartu nama 1 (satu) Direktur ✅ stempel perusahaan & ✅ eFIN perusahaan.
Daftar peraturan & dasar hukum PT Perorangan di Indonesia
Tentang Perseroan Terbatas
Undang-undang ini merupakan sumber hukum utama pengaturan Perseroan Terbatas di Indonesia
Tentang Cipta Kerja
Ini adalah Omnibus Law. Undang-undang ini dibuat dengan tujuan untuk kemudahan berusaha. Dimana salah satu produk hukum yang diberikan adalah ketentuan tentang diperbolehkannya dibuat Perseroan Terbatas yang didirikan oleh 1 (satu) orang yaitu PT Perorangan atau Perseroan Perorangan.
Tentang Tata Cara Pengajuan dan Pemakaian Nama PT
Mengatur bahwa nama PT lokal harus menggunakan nama dalam Bahasa Indonesia
Tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan PT (CSR)
Bahwa perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan yang berkaitan dengan sumber daya alam wajib melakukan kegiatan CSR
Tentang Kemudahan, Perlindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah
Mengatur tentang pengelompokan kriteria modal usaha, yaitu usaha mikro, kecil, menengah dan besar
Tentang Modal Dasar Perseroan Serta Pendaftaran Pendirian, Perubahan, dan Pembubaran Perseroan yang Memenuhi Kriteria untuk Usaha Mikro dan Kecil
Mengatur detail tentang tata cara pendirian PT Perorangan pasca keluarnya UU Cipta Kerja
Tentang Syarat dan Tata Cara Pendaftaran Pendirian, Perubahan, dan Pembubaran Badan Hukum Perseroan Terbatas
Mengatur mengenai tata cara permohonan pengesahan dan perubahan anggaran dasar serta dokumen yang perlu disampaikan kepada Menteri melalui sistem SABH. Diantaranya diatur untuk badan hukum Perorangan
Pertanyaan terkait jasa pembuatan PT Perorangan yang sering ditanyakan
Persyaratan
Modal
KBLI
Virtual Office
Berdasarkan Pasal 6 PP 8/2021, PT Perorangan didirikan oleh 1 (satu) orang WNI berusia paling rendah 17 (tujuh belas) tahun dan cakap hukum.
Dalam ketentuan tersebut dinyatakan bahwa pendiri PT Perorangan adalah sebagai pemilik tunggal sekaligus Direktur. WNA tidak boleh mendirikan PT Perorangan (WNA itu harus mendirikan PT PMA).
Sebagai tambahan persyaratan pendirian PT Perorangan, juga wajib dilampirkan dokumen NPWP.
Berdasarkan UU Cipta Kerja dalam Pasal 153E disebutkan bahwa Pendiri Perseroan hanya dapat mendirikan Perseroan Perorangan sejumlah 1 (satu) Perseroan dalam 1 (satu) tahun.
Dengan demikian maka 1 (orang) hanya boleh mendirikan 1 (satu) PT Perorangan saja dalam setiap tahun.
Penggunaan alamat rumah sebagai alamat PT Perorangan harus sesuai dengan RDTR (Rencana Detail Tata Ruang) dari alamat rumah yang akan dijadikan alamat usaha tersebut. Karena dimungkinkan rumah Anda berada di zonasi komersial di RDTR.
Pada saat mengurus perizinan berusaha di OSS melakukan pengisian pernyataan secara elektronik bahwa kegiatan usaha dan lokasi usaha telah sesuai dengan RDTR.
Apabila alamat usaha tidak sesuai dengan peraturan zonasi yang berlaku maka akan mendapat sanksi berupa teguran tertulis, pencabutan izin usaha dan pemblokiran lokasi alamat usaha dari instansi setempat.
Sebagai contoh, misalkan kegiatan usaha Anda di bidang logistik, dimana Anda memiliki armada truk. Lalu lokasi usaha Anda berada di kawasan pemukiman (bukan zonasi usaha di RDTR). Tentu saja ini tidak sesuai. Karena kegiatan usaha Anda akan memiliki risiko dampak lalu lintas yang tinggi. Tetangga Anda bisa saja lapor ke petugas berwenang bahwa kegiatan usaha Anda tersebut membuat kemacetan.
PT Perorangan bisa membuka rekening Bank tentunya dengan melengkapi persyaratan legalitas yang lengkap.
Dokumen persyaratan pembukaan rekening Bank PT Perorangan antara lain:
Untuk setiap pembuatan PT Perorangan di Legalitas.org akan mendapatkan asistensi dari tim Legalitas.org untuk pembukaan rekening Bank. Kami telah berpengalaman dalam asistensi pembukaan di Bank BCA, Mandiri, BNI, CIMB Niaga, BSI Syariah dan lainnya.
Lorem ipsum dolor sit amet consectetur, adipisicing elit. Odio corrupti temporibus perspiciatis esse dignissimos tempora, quas est quod adipisci dolore, tempore architecto nihil earum veniam?
Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. Dicta, quo, doloribus assumenda porro eveniet quod velit pariatur, aliquam fuga optio facere minus molestiae. Id repellat sed eius iusto corporis, atque culpa, pariatur deleniti assumenda iure molestiae explicabo aperiam nam iste vel voluptate a optio qui.
KBLI memiliki kepanjangan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia. Ini merupakan panduan untuk menentukan jenis kegiatan bisnis dari pelaku usaha di Indonesia.
KBLI merupakan rujukan yang digunakan untuk mengklasifikasikan aktivitas/kegiatan ekonomi Indonesia ke dalam beberapa lapangan usaha/bidang usaha yang dibedakan berdasarkan jenis kegiatan ekonomi yang menghasilkan produk/output baik berupa barang maupun jasa.
KBLI paling update adalah KBLI 2020 yang disusun oleh Badan Pusat Statistik pada September 2020. Dasar hukumnya adalah Peraturan BPS Nomor 2 Tahun 2020 tentang Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia. Di KBLI 2020 terdapat 1.790 kode KBLI yang bisa dipilih oleh pelaku usaha.
Lihat tabel KBLI
Kamu sedang mencari kode KBLI yang sesuai dengan usaha kamu dan sedang bingung mencari KBLI? Kamu tidak perlu khawatir. Kolegal menyediakan perangkat pengecekan KBLI 2020. Proses pencarian cepat dan mudah.
Lihat risiko KBLIPanduan pencarian
Baca juga: Ketahui 4 Jenis Risiko KBLI
Kolegal bekerjasama dengan penyedia virtual office di Jakarta.
Tergantung. Apakah kamu benar-benar membutuhkan layanan virtual office untuk bisnis yang kamu jalankan.
Berikut ini adalah keuntungan virtual office:Sumber: Blog Infiniti Office
- Lokasi strategis dan prestisius
- Biaya sewa murah
- Hemat biaya operasional
- Fasilitas yang dapat mendukung bisnis kamu
- Meningkatkan kredibilitas perusahaan
- Virtual office bisa PKP
Konsultasi bisa tatap muka atau online via Google Meet.
Ketentuan Form Digital ini adalah perjanjian antara pengguna ("Kamu") dan Kolegal ("Kolegal"), sebuah badan usaha yang didirikan dan beroperasi secara sah berdasarkan hukum negara Republik Indonesia dan berdomisili di DKI Jakarta, Indonesia. Ketentuan Form Digital ini mengatur akses dan penggunaan Anda atas layanan di milik Kolegal di situs web (www.kolegal.id) khususnya di dalam halaman Form Digital ("Form Digital"), dimana Kamu diwajibkan untuk mengisi data diri dan informasi pribadi ("Data Pribadi").
Ketentuan Form Digital ini mungkin diubah atau diperbaharui baik sebagian maupun seluruhnya dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Kamu, dan akan berlaku sejak diunggah pada situs Kolegal. Kolegal menyarankan agar Kamu memeriksa Situs untuk mengetahui perubahan apapun atas Ketentuan Form Digital ini dari waktu ke waktu.
Dengan tetap mengakses atau menggunakan layanan Kolegal, maka Kamu dianggap menyetujui perubahan atas Ketentuan Form Digital ini.
Layanan Kolegal berarti layanan jasa pembuatan legalitas badan usaha dan perizinan dan/atau layanan lainnya yang dinyatakan oleh Kolegal dari waktu ke waktu, melalui situs web milik Kolegal ("Layanan").
Layanan tidak ditujukan untuk digunakan oleh Kamu yang belum cakap menurut hukum perdata yang berlaku.
Kolegal hanya akan menggunakan Data Pribadi dalam pelaksanaan Layanan yang didasarkan perjanjian pekerjaan dan pembayaran invoice ("Pelaksanaan Pekerjaan").
Terkait pemberian Data Pribadi dalam Pelaksanaan Pekerjaan, Kamu setuju untuk mematuhi seluruh ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan dalam yurisdiksi yang berlaku.
Kamu melepaskan dan membebaskan Kolegal dari segala klaim, tuntutan, ganti kerugian yang mungkin timbul sehubungan dengan ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan dalam yurisdiksi yang berlaku.
Kamu memahami bahwa seluruh komunikasi dan instruksi dalam bentuk digital melalui Form Digital sebagai panduan dalam Pelaksanaan Pekerjaan.
Kamu secara hukum cakap dan berwenang untuk melakukan perbuatan hukum menurut hukum Negara Republik Indonesia, termasuk untuk mengikatkan diri pada dan melaksanakan seluruh syarat dan ketentuan dalam Ketentuan Form Digital ini.
Kamu telah membaca dan memahami seluruh isi Ketentuan Form Digital ini, dan karenanya secara sukarela setuju untuk tunduk pada dan melaksanakan seluruh syarat dan ketentuan yang berlaku di dalamnya.
Kamu dengan ini menyatakan dan menjamin penggunaan Kolegal dengan itikad baik dan penuh kehati-hatian serta untuk tujuan yang sah dan tidak melanggar ketentuan hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia.
Kamu setuju untuk tidak menggunakan Layanan Kolegal untuk melakukan kegiatan usaha atau perbuatan yang: (i) melanggar hukum atau ketentuan peraturan perundang-undangan;
Kolegal melakukan upaya-upaya pengamanan dan penyimpanan dengan penuh kehatihatian guna melindungi kerahasiaan Data Pribadi Kamu dari waktu ke waktu.
Kolegal menjaga akses tehadap Data Pribadi yang Kamu berikan ke Layanan Kolegal, agar hanya pihak-pihak lain yang Kamu berikan izin dan/atau persetujuan yang dapat mengakses dan/atau melihat Data Pribadi tersebut, semata-mata hanya untuk Pelaksanaan Pekerjaan.
Kamu memahami bahwa Kolegal dapat memberikan akses atau mengungkapkan Data Pribadi dalam rangka memenuhi ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan, dalam rangka proses penegakan hukum atau pengambilan tindakan pencegahan lebih lanjut sehubungan dengan kegiatan yang tidak berwenang, dugaan tindak pidana atau pelanggaran hukum atau peraturan perundang-undangan.
Kolegal menyediakan Layanan dalam kondisi “as is” atau “sebagaimana adanya”. Kamu memahami bahwa Kolegal tidak memberikan pernyataan atau jaminan dalam bentuk apapun bahwa:
a. Penggunaan Kolegal akan selalu tepat waktu, selalu bekerja tanpa gangguan, atau selalu bebas dari perubahan, penambahan, pengurangan, transmisi, kerusakan, kehilangan, pemindahan, penyembunyian yang diakibatkan oleh tindakan suatu pihak dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum;
b. Kolegal dapat tetap beroperasi dan digunakan bersamaan dengan perangkat atau sistem pihak lainnya yang bukan disediakan atau dimiliki oleh Kolegal; dan/atau
c. Kolegal akan selalu memenuhi harapan Kamu.
Kamu setuju bahwa Kolegal tidak bertanggung jawab atas setiap akibat atau kerugian yang timbul akibat hal-hal sebagaimana disebutkan di atas, termasuk namun tidak terbatas pada: (i) kehilangan data; (ii) kehilangan pendapatan, keuntungan, atau pemasukan lainnya; dan/atau (iii) kehilangan, kerusakan atau cidera yang timbul dari penggunaan Kamu atas Layanan Kolegal.
Kamu setuju untuk membebaskan Kolegal dari segala klaim, tuntutan, gugatan, dan ganti rugi apapun dan dari pihak manapun yang timbul sehubungan dengan:
a. Penggunaan Data Pribadi oleh Kolegal berdasarkan Ketentuan Form Digital ini, atau berdasarkan persetujuan, pengakuan, wewenang, kuasa, dan/atau hak yang telah Kamu berikan kepada Jolegal;
b. Pemberian Data Pribadi oleh Kamu kepada Kolegal yang dilakukan secara melanggar hukum atau peraturan perundang-undangan yang berlaku, melanggar hak (termasuk hak kekayaan intelektual) pihak lain manapun, atau melanggar kontrak, kesepakatan, pernyataan, keputusan, atau dokumen apapun dimana Kamu merupakan pihak atau terikat di dalamnya;
c. Penggunaan Layanan Kolegal secara tidak sah, melanggar hukum dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, hak (termasuk hak kekayaan intelektual) pihak lain manapun, atau melanggar kontrak, kesepakatan, pernyataan, keputusan, atau dokumen apapun dimana Kamu merupakan pihak atau terikat di dalamnya, atau melanggar Ketentuan Form Digital ini.
Ketentuan Form Digital ini diatur dan ditafsirkan berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia.
Setiap pemberitahuan dari Kamu yang ditujukan kepada Kolegal menjadi efektif ketika pemberitahuan tersebut diterima oleh Kolegal melalui alamat surat elektronik (email address) hello[at]kolegal.id
Gunakan perangkat Kolegal sebagai #solusilegalitas untuk kebutuhan bisnis kamu.
Lihat tingkat kepuasan klien Kolegal.
Responnya cepat, pengerjaan nya juga cepat, memberikan infonya juga jelas dan yang terpenting mba mba adminya sabar banget walau di cecer banyak pertanyaan . Puas dan membantu banget .. sukses terus ya
Saya mendapat bantuan yang sangat berarti tatkala mengurus pendaftaran merek. Tidak sekadar urusan administrasi, tetapi juga sejumlah pandangan legal yang cukup memberi pandangan, bahkan ketika beberapa pertanyaan sedikit melenceng dari urusan pendaftaran merek.
bekerja sangat profesional, selalu menginformasikan perkembangan pengurusan izin sudah sampai dimana, memberikan masukan-masukan dan informasi-informasi yang saya butuhkan. terima kasih.
Sangat profesional dan sangat membantu dalam proses pengajuan legalitas organisasi kami. Kami sangat senang bisa bekerja sama dan bisa semakin sukses ke depannya.